Terms & Conditions QRen


Update terakhir : 11 Agustus 2020 - 16:33:20

UMUM

Selamat datang di QRen, produk digital milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (selanjutnya disebut “TELKOM”).

QRen (selanjutnya disebut “Layanan QRen”) adalah layanan yang menghubungkan Pengguna dengan penerbit alat bayar (Issuer) untuk memberikan kemudahan bagi pembeli layanan/produk Pengguna dalam melakukan pembayaran secara mobile dengan menggunakan teknologi QR (Quick Response) Code yang sudah menerapkan QRIS (Quick Respone Code Indonesian Standard).

Sebelum mengakses dan menggunakan Layanan QRen, baik yang akan digunakan melalui website https://qren.id/ ataupun pada aplikasi QRen yang dapat di unduh secara resmi di Playstore ataupun Apple Store, baik calon Pengguna ataupun Pengguna (Selanjutnya disebut “Pengguna”) wajib membaca Syarat dan Ketentuan terlebih dahulu karena secara hukum berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna. Dengan mengunduh, memasang, mengakses atau menggunakan QRen, Pengguna setuju untuk terikat dengan Syarat dan Ketentuan ini. Jika Pengguna tidak menyetujui Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan di bawah ini, mohon tidak mengunduh, memasang, mengakses atau menggunakan Layanan QRen.

Syarat dan Ketentuan ini dapat diubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Sehingga Pengguna disarankan melakukan pengecekan kembali Syarat dan Ketentuan ini. Keputusan yang diambil berdasarkan peraturan ini bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Syarat dan Ketentuan ini terbagi menjadi 2 (dua) bagian, yaitu Ketentuan Khusus dan Ketentuan Umum.



A. KETENTUAN KHUSUS


1. Definisi

  1. Cash out
    adalah kegiatan penarikan uang dari saldo Pendapatan Pengguna ke rekening bank Pengguna yang telah didaftarkan saat proses registrasi.
  2. Donasi Digital
    merupakan kegiatan penggalangan dana yang dilakukan oleh penggalang untuk tujuan sosial tertentu yang pembayarannya dilakukan melalui QRen. (selanjutnya disebut “Mitra”).
  3. ID QRen
    adalah identitas anda sebagai pengguna QRen berupa e-mail dan/atau nomor Handphone yang digunakan untuk keperluan anda mengakses layanan, situs dan aplikasi QRen.
  4. Issuer
    merupakan penerbit alat bayar yang telah mengimplementasikan pembayaran non-tunai melalui Uang Elektronik dan/atau Dompet Elektronik pada aplikasi penyedia alat bayar agar dapat melakukan pembayaran di jaringan Mitra QRen.
  5. Pengguna
    adalah Mitra pengguna aplikasi/website QRen yang menggunakan QRen sebagai sarana pembayaran produk/layanan Mitra.
  6. QRen
    QRen adalah layanan yang menghubungkan Pengguna dengan penerbit alat bayar (Issuer) untuk memberikan kemudahan bagi pembeli layanan/produk Pengguna dalam melakukan pembayaran secara mobile dengan menggunakan teknologi QR (Quick Response) Code. Qren telah memenuhi QR Code Indonesian Standard (QRIS), yaitu standar yang di syaratkan oleh Bank Indonesia.
  7. Rekonsiliasi
    adalah perbandingan/penyesuaian data transaksi antara data Telkom dengan data Mitra.
  8. Setelmen
    adalah proses penyelesaian akhir bersifat final dan mengikat atas hak dan kewajiban keuangan masing-masing pihak yang terlibat dalam pemrosesan transaksi pembayaran.

2. Registrasi, Penggunaan dan Kewajiban Pengguna

  1. Pengguna harus mendaftar menggunakan data yang akurat, memberikan nomor ponsel Pengguna saat ini, dan, jika Pengguna mengubahnya, perbarui nomor ponsel Pengguna menggunakan fitur nomor perubahan dalam Layanan QRen. Pengguna setuju untuk menerima pesan teks dan panggilan telepon (dari TELKOM atau penyedia pihak ketiga) dengan kode OTP (One Time Password) untuk menggunakan dan mengakses Layanan QRen.
  2. Pengguna harus melengkapi profile dengan mencantumkan nama asli Pengguna yang sesuai dengan kartu identitas Pengguna untuk melakukan registrasi dan sistem QRen akan melakukan verifikasi terhadap nama yang Pengguna daftarkan. Hal ini di lakukan untuk mencegah penyalahgunaan akun (digunakan untuk tindakan kriminal). Apabila sistem QRen menyatakan akun Pengguna tidak lolos verifikasi, maka Pengguna akan diminta untuk melakukan penyesuaian data profil yang diperlukan.
  3. Pengguna harus memastikan bahwa email yang Pengguna daftarkan pada Layanan QRen adalah email yang benar dan aktif, karena akan dikirimkan link aktivasi ke email Pengguna. Klik link pada email agar akun Layanan QRen yang Pengguna daftarkan dapat aktif..
  4. Selanjutnya Pengguna harus memasukan nomor rekening lalu melakukan pengecekan dengan menekan tombol “cek” pada aplikasi Layanan QRen untuk mengetahui status keaktifan dari nomor rekening yang Pengguna masukan sebelumnya.
  5. Transaksi yang dapat diproses dengan Layanan QRen merupakan transaksi dengan menggunakan uang elektronik, debit, dan/atau kredit yang telah disediakan oleh Issuer.
  6. Transaksi yang dilakukan dengan Layanan QRen tidak dapat dilakukan dengan menggunakan uang tunai.
  7. Transaksi tidak dapat dibatalkan apabila Pengguna telah menginput PIN dan transaksi dinyatakan berhasil.
  8. Pengguna akan mendapatkan bukti transaksi melalui email atas setiap transaksi yang telah Pengguna lakukan di Layanan QRen.
  9. Seluruh transaksi yang telah sukses Pengguna lakukan, ditandai dengan input dan eksekusi PIN. Data dari transaksi tersebut akan tersimpan pada database Layanan QRen.
  10. Riwayat transaksi dari Pengguna di melalui Layanan QRen akan tersimpan pada database Layanan QRen, dan merupakan alat bukti yang sah yang tidak akan dibantah kebenaran atau keasliannya.
  11. Sistem QRen tidak dapat melaksanakan perintah Pengguna apabila saldo yang terdapat pada akun QRen Pengguna tidak mencukupi dan Sistem QRen juga tidak dapat melaksanakan perintah Pengguna apabila diketahui bahwa transaksi yang Pengguna lakukan adalah transaksi yang berhubungan secara langsung maupun tidak langsung dengan tindakan kriminal.
  12. Cash Out dapat dilakukan setelah melakukan verifikasi data Pengguna dan hanya dapat ditransfer ke nomor rekening yang sudah didaftarkan oleh Pengguna dengan jangka waktu H+0
  13. Pengguna harus menyediakan perangkat, perangkat lunak, dan koneksi data tertentu untuk menggunakan Layanan QRen. Selama Pengguna menggunakan Layanan QRen, Pengguna setuju untuk mengunduh dan menginstal pembaruan aplikasi QRen baik secara otomatis maupun tidak otomatis.
  14. Pengguna bertanggung jawab untuk semua paket data operator dan biaya lainnya yang terkait dengan penggunaan Layanan QRen.
  15. Pengguna diperbolehkan memilih dan/atau memakai nama Akun, dengan ketentuan:
    1. Tidak memilih dan/atau memakai nama Akun dengan nama orang dan/atau badan lain dengan tujuan untuk meniru atau bertindak sebagai orang dan/atau badan lain;
    2. Tidak memilih dan/atau memakai nama Akun dengan nama orang dan/atau badan lain tanpa ijin dari pemilik nama/badan lain tersebut;
    3. Tidak memilih dan/atau memakai nama Akun dengan nama yang menyinggung, tidak sopan, cabul ataupun bertentangan dengan norma-norma kesopanan dan kesusilaan.
  16. Pengguna bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan akun berupa ID QRen, Password, dan PIN QRen.
  17. Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas kebenaran data-data/identitas yang disampaikan pada aplikasi atau website QRen dalam melakukan pendaftaran /registrasi
  18. Pengguna bertanggung jawab secara pribadi dan penuh atas produk/layanan Pengguna yang menggunakan sarana pembayaran QRen.
  19. Pengguna menjamin bahwa Pengguna tidak akan menggunakan layanan QRen untuk melakukan pembayaran yang melanggar Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia. Apabila dikemudian hari TELKOM menemukan bahwa transaksi yang Pengguna lakukan melanggar Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku, maka TELKOM tidak bertanggung jawab atas setiap tindakan yang Pengguna lakukan. Setiap tindakan Pengguna yang melanggar hukum dan atau Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku dapat berakibat tuntutan secara hukum sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pengguna.
  20. Dengan menggunakan Layanan QRen, Pengguna dianggap sudah membaca dan memahami Syarat dan Ketentuan ini dan cara penggunaan Layanan QRen. Pengguna juga harus mengakses dan menggunakan Layanan QRen hanya untuk tujuan yang sah, dan dapat diterima secara hukum.

3. Syarat Bergabung Dengan QRen

  1. Pengguna wajib melakukan registrasi akun dengan cara:
    1. Mengisi formulir registrasi secara lengkap, jelas, dan benar.
    2. Pada saat Pengguna melakukan registrasi, Pengguna wajib mengisi data pribadi berupa: Nomor Handphone, Nama Usaha/Toko.
    3. Setelah login, Pengguna wajib mengisi profil pribadi berupa: Jenis Identitas, Nomor Identitas, Nama Lengkap, Foto Identitas, Nomor Handphone, Email, Alamat Lengkap, Nama Bank, Nomor Rekening Bank, dan Nama Pemilik Rekening.
    4. Setelah melengkapi profile, Pengguna dapat mengisi data usaha berupa : Nama Usaha, Alamat Lengkap Usaha, Koordinat Usaha, Foto atau Logo Usaha, Kategori Usaha, Jam Buka dan Tutup Usaha, Alamat Web/Aplikasi Usaha, dan Nomor Telepon Usaha.

4. Pembatasan Tanggung Jawab dan Hak TELKOM Secara Umum

  1. TELKOM tidak berkewajiban untuk meneliti, menyelidiki keaslian, menilai, maupun membuktikan ketepatan dan kelengkapan transaksi yang Pengguna lakukan.
  2. TELKOM tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang timbul dari penyalahgunaan akun Pengguna.
  3. TELKOM tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul yang diakibatkan atas ketidakbenaran data-data/identitas yang disampaikan pada QRen ataupun karena ketidakpatuhan terhadap ketentuan registrasi ini.
  4. TELKOM berhak menghentikan Layanan QRen yang Pengguna gunakan untuk sementara waktu maupun untuk jangka waktu tertentu untuk keperluan pembaharuan, pemeliharaan, dan/atau untuk tujuan lain dengan alasan apapun yang kami anggap baik dan wajar. Kegiatan ini akan di beritahukan terlebih dahulu melalui media informasi yang kami gunakan (media elektronik).
  5. TELKOM berhak menahan saldo Pengguna dalam keadaan tertentu seperti claim transaksi dan hal lainnya untuk tujuan lain dengan alasan apapun yang kami anggap baik dan wajar dengan memberitahukan terlebih dahulu kepada Pengguna melalui media informasi yang kami gunakan (media elektronik).
  6. TELKOM berhak menarik saldo Pengguna dalam keadaan tertentu seperti pembayaran claim transaksi apabila terbukti claim transaksi tersebut benar, atau Pengguna tidak dapat membuktikan, atau Pengguna tidak memberikan konfirmasi/ jawaban atas pemberitahuan yang dilakukan oleh TELKOM. Apabila claim transaksi tersebut terbukti benar, namun saldo Pengguna tidak mencukupi untuk ditarik, maka TELKOM akan melakukan penahanan dan penarikan saldo Pengguna pada incoming payment berikutnya.
  7. TELKOM berhak untuk sewaktu-waktu melakukan perubahan atas detail fitur, manfaat, biaya dan hal lain yang terkait dengan QRen, serta Syarat dan Ketentuan QRen yang akan diberitahukan melalui media informasi yang kami gunakan (media elektronik).

5. Kebijakan Privasi Dan Data Pengguna

Pengguna menyetujui praktik pengelolaan data pada QRen, termasuk pengumpulan, penggunaan, pemrosesan, dan berbagi informasi Pengguna serta transfer dan pemrosesan informasi Pengguna yang digunakan dalam rangka meningkatkan kualitas Layanan QRen. TELKOM tidak akan menyebarluaskan data Pengguna dan bekerja sama dengan Pihak Ketiga selain dengan tujuan meningkatkan kualitas Layanan QRen.

6. Tautan/Link Pihak Ketiga

Layanan QRen mungkin berisi tautan ke situs lain yang dimiliki oleh selain Layanan QRen. TELKOM tidak bertanggung jawab atas Konten situs-situs tersebut. TELKOM memiliki hak, tetapi bukanlah merupakan suatu keharusan untuk melarang penggunaan tautan situs lain di Layanan QRen. Layanan pada situs lain tersebut adalah sepenuhnya tanggung jawab pemilik layanan tersebut, dan Pengguna setuju bahwa TELKOM tidak dapat dikenakan tindakan apapun untuk kerusakan atau biaya yang keluar atas interaksi yang terjadi antara Pengguna dengan layanan yang bersangkutan.

7. Hak atas Kekayaan Intelektual

  1. Segala hak atas kekayaan intelektual yang melekat pada situs dan aplikasi Layanan QRen seperti merek, logo, foto, gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, tulisan, susunan warna dan kombinasi dari unsur-unsur tersebut merupakan milik TELKOM sepenuhnya. Pengguna dilarang untuk meniru, memperbanyak, atau menggunakannya untuk kepentingan dan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari TELKOM.
  2. Pengguna dilarang untuk:
    1. Menyalin seluruhnya atau menyalin sebagian konten yang dapat diakses dari Layanan QRen; Membongkar, mengkompilasi, merekayasa, membuat karya turunan berdasarkan keseluruhan atau sebagian dari Layanan atau mencoba hal-hal yang telah disebutkan diatas;
    2. Menonaktifkan, membuat shortcut, mengubah, menggagalkan, menyediakan dalam bentuk apapun, membuat bypass, memodifikasi, melakukan perbuatan curang dan melanggar Peraturan Perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia. Layanan QRen mungkin tidak tersedia sementara dari waktu ke waktu untuk pemeliharaan dan alasan lain. Tidak ada saran ataupun informasi, baik lisan ataupun tulisan, yang diperoleh oleh Pengguna Layanan QRen yang menyebabkan timbulnya suatu jaminan yang tidak secara tegas dinyatakan dalam Syarat dan Ketentuan ini.


B. KETENTUAN UMUM


1. Pemblokiran Layanan QRen

  1. Pengguna memahami bahwa atas setiap atau seluruh penggunaan Layanan QRen dapat dilakukan pemblokiran baik secara sebagian dan/atau keseluruhan, sementara dan/atau permanen, dengan alasan seperti namun tidak terbatas pada permintaan dari:
    1. Pengguna;
    2. TELKOM;
    3. dan/atau Lembaga Pemerintah.
  2. Pengguna Layanan QRen dapat setiap saat mengajukan pemblokiran sementara terhadap Layanan QRen milik Pengguna lainnya melalui call center TELKOM dalam hal terjadi suatu indikasi penipuan/fraud dalam akun Pengguna atau Pengguna lainnya. TELKOM tidak bertanggung jawab atas transaksi sah yang terjadi antara waktu terjadinya indikasi hingga adanya permintaan pemblokiran
  3. Pengguna dapat mengajukan permohonan pembukaan blokir kepada TELKOM melalui call center TELKOM apabila indikasi penipuan/fraud akun Pengguna tersebut telah hilang/ tersolusikan. Pembukaan blokir hanya dapat dilakukan oleh Pengguna setelah melalui proses verifikasi data oleh TELKOM.
  4. Pengguna sepakat bahwa TELKOM berdasarkan pertimbangannya sendiri berhak melakukan pemblokiran akun Pengguna jika Pengguna melanggar sebagian atau seluruh Syarat dan Ketentuan ini dan/atau terdapat indikasi bahwa akun Pengguna tersebut patut diduga disalahgunakan, termasuk tapi tidak terbatas untuk menampung dan/atau untuk melakukan kejahatan dan/atau untuk kegiatan-kegiatan yang dapat merugikan masyarakat atau pihak dan/atau TELKOM berdasarkan alasan dan pertimbangan lain yang semata-mata ditetapkan oleh TELKOM.
  5. Atas permintaan Lembaga Pemerintah yang berwenang, TELKOM dapat memblokir akun Pengguna sampai ada instruksi lebih lanjut dari Lembaga Pemerintah yang berwenang untuk membuka kembali akun Pengguna tersebut.
  6. Layanan QRen Pengguna dapat berakhir apabila:
    1. TELKOM melaksanakan suatu keharusan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
    2. Terdapat indikasi penyalahgunaan Layanan QRen oleh Pengguna atau pihak ketiga lainnya dalam kaitannya dengan pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini dan/atau hukum sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
  7. Pengguna dengan ini menyatakan bertanggung jawab sepenuhnya dan karenanya membebaskan TELKOM dari segala tuntutan dalam bentuk apapun dari pihak ketiga manapun termasuk suami dan/atau istri dan/atau ahli waris Pengguna sehubungan dengan proses pemblokiran dan/atau pengakhiran Layanan QRen TELKOM.

2. Kritik dan/atau Saran

  1. Dalam hal terdapat pertanyaan dan/atau keluhan/pengaduan sehubungan dengan penggunaan Layanan QRen, maka Pengguna dapat mengajukan pertanyaan dan/atau keluhan dengan melampirkan fotokopi identitas Pengguna ke:
    1. Secara tertulis melalui: (1) email customerservice@qren.id; (2) Whatsapp di nomor (0812-6288-8798)
    2. Secara lisan melalui call center TELKOM (021) 3808888 atau
  2. Dalam hal adanya penambahan dan/atau pengurangan dan/atau perubahan channel pengaduan akan diinformasikan TELKOM kemudian melalui website https://qren.tmoney.co.id/
  3. TELKOM akan melakukan verifikasi data Pengguna dengan berpedoman pada data Pengguna yang tersimpan pada sistem TELKOM. TELKOM berhak melakukan penolakan dalam memproses pertanyaan dan/atau keluhan/pengaduan yang diajukan Pengguna dalam hal data Pengguna yang diverifikasi tidak sesuai dengan data Pengguna yang tersimpan pada sistem TELKOM.
  4. TELKOM akan melakukan pemeriksaan dan/atau investigasi atas pengaduan Pengguna TELKOM serta memberikan jawaban kepada Pengguna sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di TELKOM setelah TELKOM menerima keluhan/pengaduan secara lengkap dalam kurun waktu 2 (dua) minggu.

3. Jaminan TELKOM dan Pembatasan Tanggung Jawab TELKOM secara Umum

  1. Pengguna setuju bahwa Pengguna memanfaatkan Layanan QRen atas risiko Pengguna sendiri, dan Layanan QRen diberikan kepada Pengguna pada "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA".
  2. Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, TELKOM (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) tidak bertanggung jawab, dan Pengguna setuju untuk tidak menuntut TELKOM bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari :
    1. Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan QRen;
    2. Harga Layanan QRen yang telah disediakan oleh TELKOM;
    3. Keterlambatan atau gangguan dalam Layanan QRen;
    4. Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna;
    5. Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual;
    6. Perselisihan antara Pengguna dan pembeli layanan/produk Pengguna;
    7. Pencemaran nama baik pihak lain;
    8. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain dengan cara apa pun mengatas-namakan TELKOM ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank;
    9. Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke Layanan QRen;
    10. Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan QRen;
    11. Kerusakan pada perangkat keras Pengguna dari penggunaan setiap Layanan QRen;
    12. Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun pengguna;
    13. 1Force Majeure.
  3. Hak Atas Kekayaan Intelektual terkait dengan Layanan QRen ini adalah milik TELKOM yang diperoleh dengan cara yang sah dan tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

4. Force Majeure

  1. TELKOM tidak dapat diminta pertanggungjawaban untuk keterlambatan dan/atau kegagalan dalam memenuhi kewajiban yang disebabkan oleh kejadian-kejadian di luar kemampuan TELKOM (selanjutnya disebut Force Majeure). Kejadian-kejadian yang dapat dikategorikan Force Majeure adalah termasuk segala keadaan atau peristiwa yang terjadi di luar kekuasaan Para Pihak, termasuk akan tetapi tidak terbatas pada huru-hara, epidemi, kebakaran, banjir, gempa bumi, pemogokan umum, perang, sabotase, dan berlaku efektifnya suatu ketentuan Perundang-undangan Republik Indonesia yang membatasi maupun mengakibatkan masing-masing pihak tidak dapat melaksanakan kewajibannya menurut Syarat dan Ketentuan ini.
  2. Dalam hal terjadinya salah satu atau beberapa kejadian dan/atau peristiwa sebagaimana dimaksud, TELKOM berkewajiban untuk memberitahukan secara tertulis melalui email, website, dan atau aplikasi QRen kepada Pengguna selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kalender sejak terjadinya peristiwa tersebut.

5. Penyelesaian Perselisihan

  1. Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dalam pelaksanaan Kontrak Berlangganan ini secara musyawarah dan mufakat.
  2. Apabila musyawarah dan mufakat tidak tercapai dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender atau suatu jangka waktu lainnya sebagaimana disepakati Para Pihak terhitung sejak timbulnya Perselisihan, maka Para Pihak sepakat bahwa penyelesaian Perselisihan tersebut akan diteruskan ke BANI (Badan Arbitrase Nasional Indonesia) yang bertempat di Jakarta dan menyetujui keputusan BANI tersebut bersifat final, sehingga tidak dapat dimintakan putusan pada tingkat yang lebih tinggi dan mengikat Para Pihak.

6. Hukum Yang berlaku

Syarat dan Ketentuan ini tunduk pada Hukum Negara Republik Indonesia, hal-hal yang tidak atau belum diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini tunduk pada ketentuan hukum yang berlaku bagi Perjanjian, termasuk namun tidak hanya terbatas pada Hukum Perjanjian yang termuat dalam Buku III, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata).

7. Lain - lain

  1. Jika ada istilah berdasarkan Syarat dan Ketentuan yang dianggap tidak sah, tidak berlaku atau tidak dapat dilaksanakan, baik secara keseluruhan atau sebagian, berdasarkan ketentuan perundang-undangan, istilah atau bagian dari istilah tersebut akan, sepanjang, dianggap bukan bagian dari Syarat dan Ketentuan ini, namun legalitas, keabsahan atau keberlakuan dari Syarat dan Ketentuan ini, selebihnya tidak akan terpengaruhi.
  2. Dengan menggunakan Layanan QRen, Pengguna mengakui semua komunikasi dan instruksi yang diterima dapat diperlakukan sebagai alat bukti yang sah meskipun tidak dibuat dokumen tertulis ataupun dikeluarkan dokumen yang ditPenggunatangani.
  3. Penggunaan PIN, verifikasi OTP, verifikasi sidik jari, dan/atau media identifikasi pribadi lainnya pada Layanan QRen mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan perintah tertulis yang ditandatangani oleh Pengguna.
  4. Pengguna setuju untuk sewaktu-waktu menerima penawaran atau informasi terkait dengan produk-produk maupun program marketing pada Layanan QRen dan pihak yang bekerja sama dengan TELKOM sesuai dengan batas kewajaran yang ditetapkan oleh TELKOM.
  5. Ketentuan Penggunaan ini dapat dimodifikasi dan diubah dari waktu ke waktu. TELKOM akan memberitahu Pengguna melalui website, aplikasi dan/atau email atas modifikasi, dan/atau perubahan atas Syarat dan Ketentuan ini. Penggunaan website atau aplikasi secara terus menerus setelah diterimanya pemberitahuan ini merupakan persetujuan dan penerimaan atas modifikasi, dan/atau perubahan.